Muslimah, Perhatikan Kesuburan Diri Anda

Kesuburan merupakan suatu kondisi dimana organ reproduksi kewanitaan mengalami pematangan, sehingga di masa tersebut anda berpeluang untuk memperoleh hadirnya buah hati. Demikian ungkapan dari Ukhti Orin, Pengisi Kajian Rutin Pagi Hari (KRPH) Masjid Mardhiyyah, Kampus Universitas Gadjah Mada, yang pada kesempatan ini akan mengkaji pentingnya memperhatikan masa kesuburan bagi muslimah.

عن أنس بن مالك رضي الله عنه قال كَانَ رَسُوْلُ اللهِ صلى الله عليه و سلم يَأْمُرُ بِالبَاءَةِ وَيَنْهَى عَنِ التَّبَتُّلِ نَهْيًا شَدِيْدًا وَيَقُوْلُ

تَزَوَّجُوْا الْوَدُوْدَ الْوَلُوْدَ فَإِنِّي مُكَاثِرُ الْأَنْبِيَاءِ يَوْمَ الْقِيَامَةِ

“Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu  berkata, “Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam memerintahkan untuk menikah dan melarang keras untuk membujang dan berkata, “Nikahilah wanita yang sangat penyayang dan yang mudah beranak banyak(subur) karena aku akan berbangga dengan kalian dihadapan para nabi pada hari kiamat.”

Hadits tersebut menegaskan bahwa Nabi Muhammad shalallahu ‘alaihi wa sallam menyukai wanita-wanita yang subur. Pasalnya, wanita yang subur berpotensi memiliki keturunan yang banyak. Sehingga, jumlah umat Islam di dunia ini keberadaannya semakin bertambah dan diharapkan mampu menguatkan barisan Islam di jalan dakwah. Sebagaimana dalam haditsnya yang diriwayatkan oleh Abu Umamah Radhiyallahu anhu:

تَزَوَّجُوْا فَإِنِّي مُكَاثِرٌ بِكُمُ اْلأُمَمَ يَوْمَ الْقِيَـامَةِ، وَلاَ تَكُوْنُوْا كَرَهْبَانِيَّةِ النَّصَارَى

“Menikahlah, karena sesungguhnya aku akan membangga-banggakan jumlah kalian kepada umat-umat lain pada hari Kiamat, dan janganlah kalian seperti para pendeta Nasrani.”

Lantas, saudariku, penting bagi kita menyadari dan memperhatikan kondisi kesuburan dalam diri kita. Selain faktor genetik, kita juga harus memperhatikan asupan pola makan kita sehari-hari, karena ternyata hal tersebut dapat mempengaruhi kesuburan rahim kita. Berdasarkan data WHO yang ditemukan, usia 15-49 tahun merupakan usia produktif bagi wanita. Pasalnya, pada usia tersebut merupakan usia kesuburan yang efektif bagi seorang wanita untuk menghasilkan anak.

Banyak cara yang dapat dilakukan untuk menjaga kesuburan rahim wanita, salah satunya yaitu menjaga asupan pola makan. Lantas, jenis-jenis makanan apa yang mampu meningkatkan kesuburan pada wanita? Jenis sayur-sayuran dan buah sangat baik dikonsumsi bagi wanita untuk menjaga kesehatan dan kesuburan. Beberapa diantaranya:

Konsumsi Sayur dan Buah buahan Organik

Hal yang perlu diperhatikan adalah, usahakan untuk mengkonsumsi sayur dan buah buahan organik,dan juga hindari makanan dalam kemasan, sehingga terhindar dari zat kimia pembasmi serangga dan juga bahan pengawet:

Konsumsi Produk Susu

Perbanyaklah konsumsi produk susu, baik susu itu sendiri, yogurt ataupun keju. Produk susu merupakan sumber protein tinggi yang bisa meningkatkan kesuburan. Jika anda alergi terhadapa susu sapi, bisa digantikan dengan susu kedelai yang sama mengandung protein tinggi.

Konsumsi Kacang Hijau dan kecambah

Kacang hijau banyak mengandung vitamin E yang dapat membantu anda meningkatkan potensi terjadinya kehamilan. Vitamin E merupakan antioksida yang dapat melindungi sel dari serangan radikal bebas, juga dapat melindungi sel-sel telur anda dari kerusakan akibat serangan radikal bebas tersebut.Kecambah juga mengandung vitamin B6 yang merupakan salah satu nutrisi untuk mengatur hormon reproduksi.

Kacang-kacangan dan biji-bijian memiliki sifat dicerna lebih lambat di dalam tubuh, yang membantu meningkatkan ovulasi. Selain itu, kacang-kacangan dan biji-bijian juga mengandung asam lemak Omega-3, asam lemak esensial yang memiliki efek langsung pada peningkatan hormon serta meningkatkan kualitas baik sperma atau pun sel telur.

Konsumsi makanan yang banyak mengandung Vitamin C

Kegunaan Vitamin C bagi tubuh sebagai antioksidan yang bermanfaat untuk melepaskan radikal bebas dan menjaga sel-sel di dalam tubuh. Radikal bebas bisa bisa mengganggu kesehatan sistem dan alat reproduksi. Makanan-makanan yang banyak mengandung Vitamin C bisa didapatkan pada buah mangga, jeruk, dan stroberi. Vitamin C juga bisa didapakan pada sayuran seperti tomat, brokoli, dan cabe.

Konsumsi makanan yang banyak mengandung Vitamin E

Salah satu khasiat dan manfaat Vitamin E untuk kesuburan wanita adalah bagus untuk menjaga kesehatan dinding rahim dan placenta, sehingga jika terjadi kehamilan dapat meminimalisir kemungkinan terjadinya keguguran. Adapun Jenis makanan yang banyak mengandung (penghasil) Vitamin E antara lain : gandum, padi-padian, kecambah, dan banyak lagi golongan makanan yang termasuk jenis padi-padian sebagai sumber makanan agar cepat hamil.

Konsumsi banyak air putih

Peranan dan manfaat air di dalam tubuh sangat besar sekali karena air adalah salah satu komponen penting kedua setelah oksigen. Air diperlukan oleh seluruh fungsi sistem di dalam tubuh, bisa dibayankan jika seorang wanita mengalami kekurangan air (dehidrasi) maka hal ini juga akan berpengaruh pada organ sel telur. (ann/elnury)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s