5 Tips Kuatkan Hati Kala Jodoh Belum Kunjung Datang

Sobat Nida, jodoh merupakan salah satu takdir Allah yang menyimpan misteri dan kejutan yang menarik bagi kita untuk mencari tahu lebih dalam. Bahkan, jenis takdir Allah yang satu ini sifatnya pun persis dengan maut ataupun kematian, yang datangnya tidak dapat kita ketahui dengan pasti kapan hadirnya.

Lantas, ketika usia semakin bertambah bilangannya dari tahun ke tahun, sedangkan si dia belum juga Dia hadirkan, tentu akan membuat hati kita resah dan galau. Khususnya, bagi kaum hawa. Mungkin, akan banyak datang berbagai sapaan, celoteh, ataupun “bisik-bisik tetangga”‘yang akan semakin meresahkan hati kita.

Belum lagi sebutan “perawan tua” yang mungkin akan mereka lekatkan panggilan itu pada identitas kita yang sepertinya bagi kebanyakan mereka lazim untuk disematkan pada diri kita. Lantas, bagaimanakah cara kita untuk menguatkan hati di saat jodoh belum kunjung datang? Berikut ulasannya

1.Perbanyak Istighfar (mohon ampun)

Beristighfar atau memohon ampun merupakan salah satu sarana yang wajib setiap hamba Allah lakukan setiap harinya. Hal ini penting, karena dengan banyak beristighfar maka Allah akan senantiasa melapangkan hati-hati kita dan mengabulkan doa-doa kita. So, ketika kegalauan tengah melanda diri, jangan langsung saja kita curhat ataupun cerita kesana-kemari terkait kepedihan hati kita. Namun, cobalah dengan cara berikut ini, ambil wudhu, shalat dua raka’at lalu berdzikirlah dengan mengawalinya dengan istighfar sebagai peluruh dosa-dosa kita. Kemudian, dalam dzikir tersebut coba bawa diri kita untuk bermuhasabah sambil mengingat-ingat kesalahan apa saja yang telah kita lakukan selama ini sambil mengikhlaskan segala kesulitan hidup yang kita jalani selama ini, dengan selalu menyertakan prasangka baik kepada Allah.

Bahwasanya segala hal yang terjadi pada diri kita hingga saat ini merupakan bentuk kasih sayang Allah dan selalu mencari hikmah yang terserak dari setiap ujian yang kita lalui.

2.Sambung Silaturahmi

Buat yang jomblo, daripada ngegalau sendirian, mewek gak karuan, tips ini sangat penting buat Sobat Nida untuk dicoba. Menyambung silaturahmi bukan hanya memperluas rezeki dan memperpanjang usia kita namun kita juga akan memperoleh banyak hikmah dan energi positif yang akan menguatkan kita, khususnya dari mereka yang pernah mengalami masa-masa pahit yang mungkin sedang kita alami saat ini. Dari silaturahmi tersebut pula bisa jadi akan menjadi jalan bagi kita untuk menemukan belahan hati dari teman ataupun saudara kita. Seru kan? Hehee…

3.Banyak bersedekah

Nah, ini dia nih, modal penting buat kita yang pengen cepat dapat jodoh. Eits, tapi tunggu dulu, sedekah gak selamanya disematkan dengan pemberian berupa uang, benda ataupun materi lainnya. Cukup dengan tersenyum dan memudahkan segala urusan saudaramu, in syaa Allah itu akan menjadi pembuka jalan dari doa-doamu, dan mungkin salah satunya adalah agar segera Allah hadirkan tambatan hati yang terbaik di sisi-Nya. Bismillah, apapun yang ingin kita lakukan dan niatkan tetaplah selalu diperuntukkan hanya untuk Allah.

4.Tingkatkan Birrul Wallidain

Birrul Wallidain atau berbakti kepada orang tua tentunya merupakan suatu kewajiban yang mesti dilakukan oleh setiap anak. Islam mengajarkan kita untuk benar-benar menjaga hubungan yang baik dengan orang tua, khususnya sosok ibu.

Percaya atau tidak, kesuksesan dan kebahagiaan yang saat ini tengah kita raih rupanya hal tersebut merupakan hasil dari doa-doa ibu kita yang setiap malamnya dipanjatkan untuk kebahagiaan kita sebagai anaknya.

Jadi, jangan seenak gitu aja melupakan atau bahkan melalaikan hak-hak orang tua kita. Karena, ingat selalu ridhonya orang tua kita adalah ridho-Nya Allah. Maka, jika orang tua kita murka terhadap diri kita maka besar kemungkinan Allah akan murka juga pada kita.

Dan, penting bagi kita untuk mentaati mereka selalu selagi mereka mengacu pada syariat dan hukum Islam. Lantas, buat kita yang sedang menanti jodoh, penting nih buat dicoba. Intinya, niat yang lurus karena Allah, optimalkan diri untuk selalu membahagiakan orang tua dengan senantiasa menjalankan hak-hak dan kewajiban orang tua kita serta cobalah untuk berbagi dan terbuka dengan orang tua.

Ketika kita ingin segera menikah, namun Allah belum juga hadirkan jodoh untuk kita, coba hal ini sampaikan kepada orang tua kita. Dan, yakinlah, keluhanmu tersebut akan menjadi doa yang akan orang tua kita panjatkan dalam sepertiga malamnya. Apalagi, doa orang tua itu kan makbul lho dan sudah bersertifikat “ridho” dari orang tua. Insyaallah akan selalu ada keberkahan atas doa-doa yang orangtua kita panjatkan untuk kita.

5.Perkuat Amalan Yaumiyah

Selain ibadah wajib, ibadah sunnah pun juga gak ada salahnya lho untuk dijalankan. Karena, dengan ibadah sunnah tersebut, seperti puasa senin-kamis, qiyamul lail, shalat dhuha, dan masih banyak lagi, dapat semakin menguatkan hati kita bahwa pertolongan Allah itu amat dekat dan membuat kita semakin yakin bahwa di balik semua ujian yang sedang kita alami ini ada Allah yang akan memberikan jaminan dan garansi terbaik atas buah kesabaran yang kita perbuat.

Dari optimalnya amalan yaumiyah itulah yang akan membuat iman kita bertambah dan menjadikan hati kita semakin ikhlas. Dan, bersiap-siaplah untuk menjemput jodoh terbaik yang Allah sudah siapkan untuk kita dari doa-doa yang pernah kita panjatkan pada-Nya.

Nah, demikian Sob, intinya harus tetap berikhtiar dan sibukkan diri dengan 5 tips diatas. Dan, ngga adalah salahnya dengan menyibukkan diri dengan hal-hal positif lainnya, seperti karir, prestasi ataupun kreativitas lainnya yang dapat memperkaya jiwa kita. Namun, di balik itu jangan lupa ya untuk tetap berikhtiar mencari jodoh yang terbaik dari-Nya. Selamat mencoba!

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s