Siap Jadi Blogger? 5 Hal Ini Harus Kamu Miliki

Hai, Mak! Di jaman yang serba digital kayak gini, pastinya kita udah enggak asing lagi dengan berbagai fitur media sosial yang hadir di tengah-tengah kita saat ini. Mulai dari Facebook, Instagram, Twitter, Youtube, termasuk juga Blog. Dan, menjadi Narablog atau blogger di jaman modern seperti saat ini sudah terbilang cukup menjanjikan lho. Why? Pernah suatu hari salah seorang senior bercerita bahwa kawannya yang berprofesi sebagai full time blogger dalam setahun bisa mendapatkan income sekitar 60 juta, hanya dari blogging.

Sekali lagi, just blogging saudara-saudara. Menarik memang. Makanya, wajar banget kalau sampai saat ini banyak publik yang mulai menunjukkan antusiasnya untuk menjadi seorang narablog, dari yang awalnya hanya menjadikan blog untuk sekadar ajang sharing belaka. Lama-kelamaan, fungsinya mulai bertambah sebagai “wadah” komersil. Termasuk emak didalamnya, meski sejauh ini emak sendiri baru bisa mengambil peran sebagai part time blogger guna mengisi waktu luang.

Tapi, jangan maen-maen, gaes. Pasalnya, untuk menjadi narablog ini enggak asal sembarangan maen tulis dan sharing cerita gitu aja. Banyak hal yang harus dipersiapkan. Dimana tujuan utamanya ialah untuk menebar manfaat seluas-luasnya melalui tulisan yang kita posting di blog. Emangnya harus bermanfaat ya? Yaiyalah, HARUS. Jangan malah isinya curhat semua dan nyampah gak jelas yang ujung-ujungnya bikin orang illfeel. Please deh, kemudahan akses informasi seperti saat ini sudah selayaknya kita optimalkan untuk bisa mendapatkan informasi yang sebanyak-banyaknya. Karena, didalamnya terselip tujuan komunikasi, edukasi dan informasi. Jadi, please tolong bijak ya gaes.

So, kira-kira hal apa saja sih yang harus kamu miliki saat memutuskan untuk fokus blogging dan akhirnya menjadi narablog? Berikut uraiannya.

Percaya diri. Hal pertama yang harus kamu miliki untuk menjadi blogger adalah mulailah dengan rasa percaya diri. Karena, tiap blogger itu punya karakter dan warna tulisannya masing-masing. Dan, penting banget bagi kita untuk percaya diri terlebih dahulu, karena bila saat menulis aja kita enggak merasa PD gimana mau dibaca orang. Jadi ini penting banget gaes. Adapun, rasa percaya diri ini bertujuan untuk memunculkan ciri khas dan daya tarik dari tulisan yang kamu hasilkan. Pastinya, enggak enak dong, kalau tiba-tiba gaya penulisan kita dibilang “sama” seperti blogger lain dan ujung-ujungnya malah dibilang plagiat. So, ayo dipupuk rasa percaya dirinya dari sekarang yaa. Please, jangan copast terus kerjaannya lantaran malu dan enggak PD, hehhe.

Bergabung di Komunitas Blogger. Nah, ini enggak kalah pentingnya gaes. Karena, dengan kita bergabung di sejumlah komunitas blogger, secara tidak langsung dapat menularkan ilmu-ilmu baru seputar blogging. Malah, enggak bayar sama sekali lho alias gratis. Jadi, penting banget nih khususnya bagi para newbe untuk gabung di komunitas blogger. Karena, manfaat yang didapat bukan hanya ilmu aja. Melainkan, banyak lho manfaat yang akan bisa kita dapatkan didalamnya, mulai dari teman rasa mentor, kesempatan buat hadir event ketje, relasi, dan masih banyak lagi. Keren banget kan?

Memasang Domain TLD untuk Website. Nah, agar kelihatan lebih profesional sebagai blogger, kamu bisa banget memasang top level domain (TLD) untuk website kamu. TLD ini salah dua contohnya seperti .com dan .id. Menariknya, hingga kini banyak lho promo-promo yang menawarkan pembuatan domain sekaligus hostingnya dengan harga yang dijamin murmer tapi enggak murahan juga. So, tunggu apalagi? Boleh banget nih dicoba.

Memahami SEO dan Strategi Meningkatkan Performa Blog. Gaes, dua hal ini sejatinya berkaitan banget lho. Bahkan, semakin bagus SEO dan performa suatu blog. Maka, rate card nya pun akan semakin tinggi pula. Ketje banget kan gaes, makanya sebagai newbe kudu rajin-rajin berguru sama senior ya, hehee. Atau, bisa juga searching panduan SEO bagi newbe via mbah google.

Aktif di Berbagai Media Sosial. Menjadi blogger, enggak boleh pasif . Kudu aktif. Karenanya, dengan aktif di media sosial otomatis membuat kita “rajin” share postingan blog di berbagai medsos yang kita miliki agar dapat dibaca oleh khalayak luas. Selain itu, dengan semakin banyaknya follower yang kita miliki, maka semakin memudahkan kita untuk bisa mendapatkan job via sosmed. Seru banget kan gaes, hihiii.

Well, segini dulu ya cuap-cuap emak yang ala kadarnya ini. Semoga bermanfaat dan khususnya bisa terus memacu diri emak dalam meningkatkan performa blog agar lebih baik lagi. Selamat berblogging ria ya gaes, salam waras!

Iklan

9 comments

  1. Saya mau nambahin, kalau mau jadi bloger, harus mau konsisten update tulisan. Karena banyak orang yang bisa bikin blog tapi ditinggal begitu saja sampai bertahun-tahun, hehehe…

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s