Saat Bukber Bukan Lagi Wacana: Wajib Perhatikan 5 Hal Ini!

Ifthar atau kerap kita sebut dengan buka puasa, merupakan momen istimewa bagi setiap umat muslim yang menjalankan ibadah puasa selama sehari penuh. Umumnya, aktivitas ini acapkali dilakukan secara bersama-sama, baik dengan keluarga ataupun rekan sejawat. Menariknya lagi, kegiatan buka bersama ini atau bukber seringkali menjadi ajang silaturahmi antar sesama saudara ataupun rekan lainnya. Oleh sebab itu, aktivitas bukber ini seringkali menjadi agenda tahunan yang bagi beberapa orang ‘wajib’ untuk dijadwalkan untuk berkumpul. Entah itu, untuk ajang reuni ataupun agenda wajib keluarga besar.

Pictured by pexels.com

Lantas, untuk mengagendakan kegiatan tersebut bukanlah hal yang terbilang mudah. Mengingat, aktivitas dan kesibukan masing-masing yang dimiliki oleh tiap orang berbeda. Maka, tak jarang banyak planning bukber yang pada akhirnya hanya berujung pada wacana sajaahh. Maybe, cukup mengecewakan sih. Tetapi, jika direncanakan dengan baik dan serius pastinya bisalah terwujud, asal satu sama lain saling komitmen untuk ‘wajib’ hadir. So, kira-kira hal apa aja sih yang wajib diperhatikan saat mengagendakan bukber supaya enggak jadi wacana (again)? Ini dia selengkapnya…

Fix-kan Jadwal dan Bikin Grup WA

Ini penting banget gaes! Hal pertama yang wajib ditentukan, yaitu pastikan waktunya dan memfiksasikan jadwal. Bahkan, perlu banget nih bikin grup WhatsApp (WA) Khusus untuk bukber biar enggak lagi wacana yang lagi-lagi bablas gitu aja. Nah, kalau waktunya sudah ditentukan kudu punya komitmen masing-masing dari tiap orang untuk ‘wajib’ hadir yaa, kecuali jika ada halangan khusus yang membuat kita tidak bisa hadir. Sing penting, sadar diri dan komitmen kalau kita sudah punya agenda bukber yoo.

NO RIBET!

Nah, supaya yang lain merasa enggak keberatan ataupun malas buat hadir dalam agenda bukber, ada satu hal penting nih yang wajib diperhatikan yaitu (please) NO RIBET! Maksudnya, enggak perlu lah pake dress code khusus segala, wajib bawa kado dengan harga minimum, atau bahkan misalnya wajib bawa pasangan (nah lho, kasihan yang jomlo khaannn!) dan lain-lain. Toh, bukber kan ajang silaturahmi bukan buat ajang pamer dengan segala keribetannya yang bikin malas datang. Jadi, please banget buatlah agenda bukber serileks dan seakrab mungkin, sehingga momen kebersamaan dan maknawiyahnya pun bisa dapat banget. Pokoknya sih intinya JANGAN RIBET!

Carilah Tempat Bukber yang ‘MEMADAI’

Selain itu, menentukan tempat untuk bukber dengan akses yang ‘memadai’ ini penting banget lho! Memadai dalam hal ini maksudnya adalah, tempatnya mudah dijangkau, ada tempat shalat di dalam area (jika di luar rumah), harganya terjangkau alias ramah di kantong, halal food (penting banget), ramah anak (wajib diperhatikan bila membawa anak), dan masih banyak lagi. Dan, yang paling penting kudu booking dari jauh-jauh hari alias jangan mendadak ya gaes, kalau enggak siap-siap aja buka di emperan, wkkwkwkw.

Saat Bukber Wajib Perhatikan Jam Shalat

Well, biar agenda bukber makin bernilai berkah, please jangan lupa untuk tetap shalat ya gaes! Penting banget nih untuk di reminder satu sama lain, jangan sampai amalan puasa kita dari imsak sampai maghrib hangus gitu aja gara-gara enggak shalat. Sayang banget dong pastinya. Bahkan, kalau perlu nih tunjuk dua atau tiga orang buat jadi time keeper khusus buat ingetin shalat. Dan, dibuat bergilir untuk shalat berjamaah, wuihh keren khaann? Yuk ahh, rancang agenda bukbermu supaya bernilai berkah.

Bentuk Kepanitiaan Khusus Bukber

Sebenarnya sih, enggak perlu ribet bikin kepanitiaan yang pake divisi-divisi gitu. Setidaknya, cukuplah ada ketua pelaksana (ketapel), sekretaris untuk mendata peserta dan bendahara yang mengurus keuangan bukber. Udah gitu aja sih, beres kan! Paling tambahannya, dokumentasi (kalau perlu). Sekali lagi, pokoknya jangan dibawa ribet ya gaes!

Nah, itu dia lima hal yang wajib diperhatikan agar bukber bukan lagi wacana. Menurut versi saya, lima hal ini penting banget sih. Soalnya, saya pribadi aslinya emang anti-anti ribet dan kudu ingat shalat dalam kondisi apapun. Jadi, yuk ahh jadikan agenda bukbermu lebih bermanfaat dan bernilai berkah. Sehingga, momen kebersamaan inipun selalu dirindukan tiap tahunnya untuk diagendakan, sweet banget kan pastinya hihii. Semoga bermanfaat yaa, Salam Waras!

Iklan

One comment

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s