Tips Praktis Memasak Ketupat dengan Panci Presto

Ketupat sebagai salah satu jenis panganan yang umumnya disajikan di hari raya ini. Rupanya menjadi salah satu suguhan yang paling sering dicari oleh banyak orang. Uniknya, saat ini ketupat telah banyak dijual di pasar-pasar tradisional guna memudahkan orang-orang untuk tidak perlu lagi repot-repot saat membuatnya. Padahal, jika dipikir-pikir kalau membuat ketupat sendiri tentunya akan lebih puas dan hemat pastinya, hehe.

Dan, untuk membuat ketupat ini sendiri pasti membutuhkan sejumlah alat penunjang saat membuatnya. Sebut saja, panci presto salah satunya. Alat ini bagi saya terbilang cukup praktis, karena dalam prosesnya tidak memakan waktu yang cukup lama hingga berjam-jam saat merebus ketupat. Terlebih, panci presto ini banyak dijual di berbagai tempat, sehingga siapapun itu bisa menggunakannya. Sing penting, kudu hati-hati yoo.

Nah, kali ini saya ingin membagikan tips praktis membuat ketupat dengan panci presto secara aman dan tentunya menghasilkan rasa yang lezat. Penasaran? Check this out…

Membuat Ketupat dengan Panci Presto

Pictured by pixabay.com

Bahan:
2 kilogram beras untuk membuat ketupat
30 wadah ketupat, cuci dan rendam dalam air terlebih dahulu

Cara membuat:

  1. Cuci beras sampai bersih, lalu rendam beras selama 15 menit dan setelah itu tiriskan.
  2. Angkat wadah ketupat yang telah direndam air tadi.
  3. Masukkan beras ke dalam ketupat hingga terisi setengah dari volume wadah ketupat, tutup bagian bawahnya dengan menusuk salah satu helai dan menyisipkannya diantara helai yang ditusuk tadi. Setelah itu, rapatkan kembali bagian atasnya dengan cara yang sama hingga semuanya tertutup rapi.
  4. Tambahkan air ke dalam panci presto secukupnya, lalu masukkan ketupat yang sudah diisi beras tadi.
  5. Tutup panci presto hingga rapat dan rebus sampai matang kira-kira sekitar 1,5 hingga 2 jam.
  6. Adapun, jika menggunakan panci biasa, waktu yang dibutuhkan untuk merebus ketupat bisa memakan waktu sekitar 4-6 jam.

Well, itu dia tips praktis memasak ketupat dengan panci presto. Cukup mudah, bukan? Nah, agar ketupat semakin lezat kamu bisa menggunakan beras khusus untuk memasak ketupat. Supaya tekstur yang dihasilkan pun terasa pas. Selain, itu ada baiknya saat memasak ketupat ini diakhirkan setelah membuat panganan lauk pauk lainnya, agar ketupat yang dihasilkan pun masaknya lebih merata. Tanpa perlu diburu-buru. So, semoga bermanfaat yaa. Selamat memasak, Salam Waras!

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s